Senin, 24 Desember 2012

STRUKTUR dan FUNGSI SEL


1. Pengertian Sel:
Sel => kata latin cella. Berarti ruangan kecil, yang ditemukan oleh Robert Hooke, pengamatan terhadap sayatan gabus (terdapat ruangan-ruangan kecil yang menyusun gabus tsb).
  • Sel merupakan suatu ruangan kecil yang bibatasi oleh membran, yang didalamnya terdapat cairan (protoplasma).
  • Protoplasma terdiri dari plasma sel (sitoplasma) dan inti sel (nukleus). Di dalam inti sel terdapat plasma inti atau nukleoplasma.
  • Sel merupakan satuan terkecil makhluk hidup yang dapat melaksanakan kehidupan (tidak dapat dibagi-bagi lagi). =>  merupakan unit terkecil penyusun makhluk hidup (dilihat secara struktural).
  • Secara fungsional, sel berfungsi untuk menjalankan fungsi kehidupan (menyelenggarakan kehidupan jika sel-sel penyusunnya berfungsi). => kemudian membentuk organisme.
  • Sel berkembang biak dengan cara membelah diri (secara mitosis). Selain itu sel juga  mengandung materi genetik, yaitu materi penentu sifat sifat makhluk hidup => maka sifat makhluk hidup dapat diwariskan kepada keturunannya.

2. Sejarah dan Teori Sel
Tokoh-tokoh penemu teori sel :
a. Robert Hooke (1635 – 1703)
Orang yang pertama menyebutkan istilah sel yaitu cellulae=ruangan kecil yang kosong dan mengamati sayatan gabus tutuip botol (Quercus suber), merupakan sel mati yang tidak memilki isi sel.
b. Antonie Van Leeuwenhoek (1723)
Seroang ahli asah lensa dari Belanda, membuat mikroskop sederhana , Memeriksa cairan setetes air kolam => microscopic “animalcules” (hewan kecil) =>  merupakan:sel bakteri dan orang yang pertama kali melukiskan bentuk-bentuk bakteri
c. Robert Brown (1833)
Ilmuwan Skotlandia yang pertma kali menemukan inti sel pada sayatan sel anggrek Inti sel disebutnya sebagai nukleus.Nukleus ini merupakan struktur sel yang sangat penting bagai kehidupan
d. Felix Durjadin (1835)
Tokoh berkebangsaan Perancis yang pertama kali menemukan cairan sel yang hidup (sarkode) yang merupakan bagian penting dari sel Menururtnya bagian terpenting dari sel adalah isi sel yang berupa cairan hidup yang berada dalam suatu lumen
e. Johanes Purkinje
Merupakan ilmuwan yang menyatakan bahawa isi sel adalah protoplasma. Protoplasma merupakan bahan penting pada sel yang melangsungkan kehidupan.

TEORI SEL
Ada beberapa teori tentang sel diantaranya:
1. Sel merupakan kesatuan struktural dari makhluk hidup, semua makhluk hiudp terususn atas sel. Tokoh pencetus teori ini adalah:
- M. Schleiden (1804-1881) : sel tumbuhan
- Theodore Schwann (1810 -1882) : sel hewan
2. Sel merupakan kesatuan fungsional makhluk hiudp
- Dikemukakan oleh Max Schulze tahun 1861
- Sel mengatur fungsi-fungsi pda makhluk hidup
3. Sel adalah kesatuan pertumbuhanm dari makhluk hiudp
- dikemukakan oleh Rudolf Virchow (1858)
- dia menyatakan bahwa makhluk hiudp berasal dari pertumbuhan sel sebelumnya “omne cellulae a cellulae”
4. Sel merupakan kesatuan herediatas (sifat menurun) makhluk hidup
- dikemukakan oleh biarawan Austria Gregor Mendel (1822-1884)
- sel mengandung sifat keturunan (genetik) atau hereditas yang diwariskan pada keturunanya.
SEL
mau tahu lebih lengkap dan lebih banyak mengenai SEL?? silahkan download link dibawah ini.. Gratis...!!!cukup di KLIK aja :)


gimana gan?dah puas belum? dah di download? masih mau tahu banyak lagi tentang keilmuan veteriner dan seputarannya?? silahkan di baca pada blog ini ya :)

KESUKSESAN itu Tidak Pernah ada BATAS!!


Follow twitter @ardas__bgenk or my Facebook : Hardiansyah GS
email : drh.hardiansyah@gmail.com





Tidak ada komentar:

Posting Komentar