Kamis, 27 Desember 2012

Eurytrema Pancreaticum ( Cacing Pankreas )

Cacing Pankreas / Eurytrema pancreaticum


PENDAHULUAN

Secara umum fungsi usaha ternak sapi, kambing dan domba adalah untuk dijadikan tabungan dan pemanfaatan pupuk kandang serta usaha tani pertanian, karena pertimbangan harga jual yang cukup tinggi, biasanya ternak terutama jantan di jual menjelang hari raya idul adha untuk digunakan sebagai hewan qurban (Sudjana, 1983).
Tatalaksana pemeliharaan pemberian pakan dan perawatan juga perkandangan ternak temasuk pencegahan dan penanggulangan penyakit sampai saat ini masih belum banyak dilakukan, karena keterbatasan pengetahuan, dana maupun tingkat kepedulian peternak, sistim pemeliharaan masih tradisional dan segi kesehatannyapun sering terabaikan, sehingga ternak mudah sekali terserang penyakit terutama penyakit cacing saluran pencernaan.
Parasit cacing adalah salah satu hambatan yang sering dijurnpai dan parasit ini sangat menggangu dalam usaha meningkatkan produksi ternak domba. Penyakit ini kurang disadari oleh petani peternak yang dapat menyebabkan penurunan daya tahan ternak, penurunan napsu makan, kehilangan darah dan protein plasma ke dalam saluran pencernaan, menghambat dan bahkan dapat menyebabkan kematian terutama pada domba yang masih muda.
Menurut Soulsby (1982), parasit cacing adalah semua cacing yang hidup di dalam tubuh hewan, dan cacing -cacing ini bisa hidup pada bagian-bagian tubuh saluran pencernaan, pancreas, hati, jantung, paru-paru, ginjal, kelopak mata, di dalam dan di bawah kulit (Ronoharjo, 1986).
Handayani dan Gatenby (1988) melaporkan pada musim hujan biasanya ternak domba rentan terhadap penyakit cacing, terutama terhadap ternak domba yang sistim pemeliharaannya dengan cara di gembalakan, karena infeksi cacing mudah terjadi pada saat domba sedang merumput, sebab rumputnya sudah tercemar oleh larva cacing, kerena itu untuk menanggulangi terjadinya infeksi cacing yang terus menerus perlu dilakukan penagannan dengan cara pemberian obat cacing secara berkala.
mau tahu lebih banyak dan lengkapnya mengenai Eurytrema Pancreaticum ( Cacing Pankreas ) ?? silahkan rekan pembaca mendownload pada link dibawah ini. Gratis!!!


sudah Puaskah anda? apakah anda sudah mendownload pada link diatas tersebut.. di harapkan pembaca mendapatkan ilmu dan dapat pula bermanfaat bagi kepentingan khalayak ramai. Terima Kasih :)
===================================================================
AKU BISA - Kenapa AKU BISA ?? Apakah AKU BISA ?? PASTI AKU BISA !!!
Follow twitter @ardas__bgenk or Facebook : Hardiansyah GS
email : drh.hardiansyah@gmail.com

3 komentar: