Minggu, 23 Desember 2012

6 Penyakit Umum Akibat Serangan Parasit Cacing oleh Hardiansyah GS

by Hardiansyah gs.. 



Selain akibat serangan bakteri atau virus sebagai penyebab umum penyakit ada juga parasit cacing yang dapat  menimbulkan penyakit. Ini  lumrah terjadi di daerah tropis atau negara berkembang. Parasit cacing akan mudah menimbulkan infeksi pada tubuh manusia karena dicetuskan oleh berbagai faktor perilaku hygiene personal yang kurang bersih dan sehat. Disamping itu juga akan dipermudah oleh karena kondisi sanitasi lingkungan pemukiman penduduk yang buruk.
Tanpa disadari parasit cacing berupa telur atau larvanya bisa melekat pada sela jari dan kuku tangan yang tidak bersih. Demikian juga dapat menempel pada bahan makanan yang akan dikonsumsi sehingga bisa menyebabkan gangguan pencernaan. Pada beberapa keadaan lingkungan, larva cacing dapat menginfeksi lewat kontak langsung menembus kulit sehingga dapat bermigrasi menuju organ vital seperti pembuluh darah, pembuluh limfe, hati, paru-paru dan jantung.
Berikut ini ringkasan dari berbagai sumber beberapa jenis penyakit yang umum terjadi akibat invasi (serangan) parasit cacing :
1.    Ascaris = Penyakit Cacing Gelang.
Parasit penyebabnya
 Ascaris lumbricoides yang dapat menimbulkan keluhan mual, nafsu makan berkurang, diare, keluar cacing dewasa dari tinja atau muntahan.
2.   Anchilostomiasis = Penyakit Cacing Tambang.
Parasit penyebabnya
 Ancylostoma duodenale. Larvanya dapat menembus kulit dan dapat menimbulkan keluhan gatal, letih, lesu, kekurangan darah (anemia).
3.   Enterobiasis = Penyakit Cacing Kremi.
Parasit penyebabnya
 Enterobius vermicularis. Parasit ini  seringkali menimbulkan keluhan gatal-gatal pada daerah sekitar lubang pantat (anus).
4.   Taeniasis = Penyakit Cacing Pita. Parasit penyebabnya Taenia saginata(daging sapi) atau Taenia soleum (daging babi) dapat menimbulkan keluhan mual, muntah, diare atau sembelit serta dapat pula keluar cacing seperti lembaran pita ketika BAB.
5.   Trikuriasis = Penyakit Cacing Cambuk.
Parasit penyebabnya
 Trichuris trichiura yang dapat menimbulkan keluhan mual, muntah, diare atau sembelit, nyeri perut dan penurunan berat badan.
6.   Filariasis = Penyakit Cacing Filaria.
Salah satu parasit penyebabnya
 Brugia malayi yang dapat  menimbulkan keluhan sumbatan pada pembuluh limfe, pembengkakan kaki sehingga disebut juga penyakit kaki gajah (elephantiasis).
Prinsip penangananya semua jenis penyakit akibat serangan parasit cacing tersebut pada dasarnya sama, yakni pemberian obat anti cacing (anthelmintika), misalnya :mebendazole, albendazole atau pirantel pamoate dengan dosis tunggal atau dosis rumatan (maintenance) menurut usia dan berat badan dan sebaiknya dikonsultasikan pada ahli kesehatan. Sedangkan yang paling penting adalah pencegahannya yaitu:
1.    Melalui kesadaran menumbuhkan perilaku hidup bersih dan sehat.
2.   Membiasakan mencuci tangan yang benar.
4.   Menjaga kebersihan lingkungan pemukiman.

my Facebook check it dot :p


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar