Selasa, 25 Desember 2012

DISTEMPER ANJING


Distemper pada anjing
Distemper merupakan penyakit  yang bersifat kontagius dan terutama menyerang anjing muda dan beberapa karnivora lain. Infeksi ini berjalan dengan generalisasi dan infeksi sekunder menjadikan gejala bersifat lebih parah. Sering sekali susunan saraf pusat terserang dan hewan sewaktu hidup memperlihatkan gejala-gejal ganguan yang dinamakan hard pad disease yaitu suatu bentuk distemper anjing yang disertai pembentukan lapisan tanduk tebal pada kulit dan telapak kaki dan hidung. (Ressang, 1984).
Penyakit distemper atau juga dikenal dengan nama lain Febris Catharrhalis  et infectiosa yang disebabkan oleh virus yang merupakan ancaman serius terutama pada anjing-anjing mud, mungkin merupakan ancaman yang paling berbahaya meskipun vaksin distemper in aktif telah diperkenalkan sejak tahun 1940, kenyataanya distemper pada anjing masih tetap merupakan ancaman dimana saja Negara didunia. Factor-faktor yang berperan dalam infeksi ialah keadaan gizi, keletihan, ekto dan endo parasit. (Dharmajono, 2001)
siklus pathogenesa distemper anjing
Virus distemper menyerang jenis anjing dan canidae (serigala, rubah, dan jackal) jenis mustilidae  (musang). Virus distemper dapat bereplikasi antara lain dalam biakan sel ginjal anjing. Beberapa galur mudah diadaptasikan in vitro. Pada biakan sel terbentuk sel-sel sinsicia dan badan-badan inklusi. Badan-badan ini terdapat dalam sitoplasma tetapi sekali kali juga dalam inti sel. (Ressang,1986).


Faktor-faktor yang mempengaruhi penularan penyakit distemper  ialah  


  1. Perubahan musim, kedinginan, angina terlalu kencang.
  2. Tidur ditempat terbuka pada musim penghujan
  3. Kandang kurang bersih, lembab dan isi kandang terlalu penuh dan sesak.
  4. Gizi kurang mencukupi
  5. Kekurangan darah (cacingan), kurus, lemah dan pucat.
  6. Kekurangan vitamin dan mineral , terutama vitamin A
  7. Sehabis perjalanan jauh, luar kota,luar pulau atau dari impor
masih ingin tahu lebih lengkap mengenai Wabah Penyakit Distemper ?? silahkan pembaca dapat mendownload pada link di bawah ini.. GRATIS gan... :)

gimana agan agan pembaca, sudah di baca? masih belum puas? apabila pembaca belum puas, di harapkan pembaca untuk memberikan kritik dan sarannya pada kolom yang tersedia. terima kasih gan :)
====================================================


Follow twitter @ardas__bgenk or Facebook : Hardiansyah GS
email : drh.hardiansyah@gmail.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar